Senin, 30 Mei 2011

printer

PRINTER


A.Pengertian
     Hardware yang berfungsi sebagai media baca sekaligus mencetak fiel-file atau dokumen kemudian dicetak di kertas.


B.Jenis-jenis komputer

a.    Printer dot-matrik


Printer Dot Matrik merupakan printer yang menggunakan pita sebagai alat percetakan.
Pencetak ini mempunyai pengetuk-pengetuk kecil berbentuk titin yang dinamakan pin. Pencetak dot matrik 9 pin bermakna pengetuknya 5 titik melintang dan 7 titik dari atas ke bawah. Dot matik 24 pin juga mengetuknya secara berulang-ulang sehingga hasilnya tampak lebih padat. Ia juga boleh menghasilkan cetakan warna dengan sekurang-kurangnya 3 warna. Walaupun high hasilnya kurang bagus, namun kelebihan printer ini adalah sekaligus dapat mencetak pada kertas lebih daripada satu pada kertas karbon. Contoh printer jenis ini adalah printer dot matrik produksi Epson yaitu LX – 300, LX 800, FX 1100 dan lainya

b. Printer tinta /Ink Jet



Printer Ink Jet muncul pada era tahun 1980-an.Bekerja dengan cara menyemprotkan atau menyemburkan tinta yang ada di dalam cartridge ke kertas. Hasil cetakan akan lebih baik dari pada printer dot-matrik kerana lebih halus. Namun hasil semburan ke kertas juga bergantung pada kualiti tinta dan pinter yang digunakan. Keputusan yang kurang bagus akan menjadikan semburan pada kertas tidak cepat kering dan boleh menyebabkan kesan pada kertas.

c. Printer laser/ Laser Jet

Bekerja seperti mesin fotokopi yang menyemprotkan serbuk tinta dengan model pencahayaan, dan kualiti hasil printer laser paling bagus tetapi harga printer dan serbuk tintanya juga paling mahal.
C.Cara kerja printer
Di bawah ini ada bagian bagian printer yang melakukan pembagian kerja.
Printer biasanya terbagi atas beberapa bagian, yaitu :
·    Tray ialah tempat untuk menaruh kertas.
·    Picker sebagai alat untuk mengambil kertas dari tray.
·    Tinta atau toner adalah alat pencetak yang digunakan untuk menulis atau mencetak pada kertas. Tinta dan Toner memiliki perbedaan pada sistem. Toner atau laser membutuhkan pemanasan, sedangkan tinta atau inkjet tak butuh pemanasan, hanya pembersihan atau cleaning pada print-head printer tersebut.
·    Kabel fleksibel untuk pengiriman sinyal dari prosesor printer ke tinta atau toner. Kabel ini tipis dan fleksibel, namun kuat.
·    Pada bagian belakang printer biasanya ada Port paralel atau USB untuk penghubung ke computer.
setelah alat selesai menjalankan fungsinya maka printer siap di hubungkan kekomputer sebagai alat cetak dengan memilih file kemudian file toolbar file dan pilih print kemudianikuti perintah selanjutnya.
Printer
·    Tips Merawat Printer Agar Awet dan Tahan Lama
·    Cetak Foto Secara Instan Dengan Easy Share Printer Dock Plus
·    Plus Minus Printer Inkjet Dan Printer Laser
·    Printer Dot Matrix Dari Panasonic
 3 jenis printer yang terkenal dan terpapuler saat ini:


1 komentar:

  1. blog kamu sudah saya cek, untuk posting selanjutnya susunan penulisan & gambar dirapihkan agar nampak bagus... kept blogging..

    BalasHapus